Hindari 5 Kesalahan dalam Menyusun Rencana Bisnis untuk Kredit Usaha

Kesalahan dalam penyusunan rencana bisnis ini bisa jadi awal dari kehancuran bisnis. Bagaimana tidak, ketika kita mengajukan  kredit usaha ke bank atau calon investor bisnis, yang akan dilihat pertma kali adalah rencana bisnis kita. Karenanya sebisa mungkin, hindarilah kesalahan pada saat menyusun rencana bisnis ini.

Kesalahan Rencana Bisnis untuk Kredit Usaha

Inilah  5 kesalahan yang sebaiknya kita hindari ketika menyusun rencana bisnis di antarannya:

5-kesalahan-dalam-rencana-bisnis

5-kesalahan-dalam-rencana-bisnis

  • Riset yang buruk.  Pastikan riset Anda akurat, up-to-date, dan dapat diverifikasi.
  • Proyeksi keuangan yang tidak realistis. Investor dan bank pemberi kredit usaha mengharapkan untuk melihat rencana bisnis yang menggambarkan rencana proyeksi keuangan yang realistis sebagai antisipasi perkembangan usaha.
  • Tidak memiliki target konsumen yang jelas. Kita harus menentukan pasar usaha kita dan menyajikan gambaran yang jelas akan target konsumen.
  • Terlalu heboh. Rencana bisnis yang terlalu heboh dan terlalu banyak menggunakan kata superlatif (ter-) bisa menjatuhkan rencana bisnis kita.  Buatlah bank pemberi kredit usaha tertarik dengan ide bisnis kita, bukan karena kata-kata yang berlebihan.
  • Tidak fokus terhadap kompetitor. Jangan sampai menganggap remeh atau menutup-nutupi keadaan kompetitor yang sebenarnya dengan anggapan bahwa bank akan memberi kredit usahas jika saingan kita tidak terlalu berat. Bank pemberi kredit usaha justru lebih perlu untuk mengetahui bagaimana persaingan bisnis dan bagaimana rencana kita untuk bersaing dengan mereka.

 

Leave a comment