Inilah 8 Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

Beberapa pemilik kartu kredit yang terlilit hutang karena pemakaian yang boros pada akhirnya menyalahkan sistem kartu kredit ini sebagai penyebabnya. Padahal jika mereka tahu benar cara pemakaiannya yang tepat, kartu kredit justru akan sangat membantu mereka.

 

8 Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

 

Berikut adalah 8 cara bijak menggunakan kartu kredit agar terhindar dari hutang kredit.

  • Beli semampunya. Jangan membeli barang yang harganya diluar kemampuan cicilan bulanan. Ingatlah bunga yang semakin menumpuk ketika kita gagal membayar secara penuh tagihan kartu kredit.
  • Pahami bahwa Kartu kredit adalah uang pinjaman. Ketika kita pikir membeli gadget mahal adalah hal yang mudah, tunggu sampai kita melihat tagihan kartu. Ini akan memberikan kita kesadaran bahwa kartu kredit adalah pembayaran yang ditunda, bukan pembelian yang gratis.
  • Hindari membeli hal-hal “kecil” seperti kopi atau fast food, biasanya hal-hal remeh seperti ini yang justru akan menambah tagihan dengan cepat.
  • Bayar sebelum jatuh tempo. Sehingga kita akan terhindar dari biaya keterlambatan.
  • Bijak dalam berbelanja. Membeli barang dengan menggunakan kartu kredit memang sangat mudah. Tapi tahanlah diri kita, beli yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan.
  • Bayar lebih dari tagihan minimum. Kartu kredit umumnya menetapkan pembayaran minimum tagihan kartu kredit sebesar 10% dari totalnya. Meskipun begitu, bukan berarti kita tidak dapat membayar lebih dari jumlah itu. Semakin banyak yang kita bayarkan, semakin sedikit sisa tagihan yang dikenakan bunga. Artinya semakin sedikit pula hutang kita.
  • Jaga jumlah kartu. Sebaiknya jangan memiliki kartu kredit lebih dari dua atau tiga kartu, apalagi jika kita menggunakan kartu itu sekaligus. Meskipun setiap penerbit kartu memiliki fasilitas yang berbeda, pilihlah yang terbaik bagi kita.
  • Tukarkan Rewards. Setiap kali kartu kredit digunakan, artinya kita telah mengumpulkan point yang bisa ditukarkan. Nah, bila point ini sudah terkumpul banyak, kita bisa tukarkan dengan barang atau promo yang diperlukan. Hal ini tentu menguntungkan apalagi jika kita bisa menukarnya dengan barang yang harganya tinggi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: