Mengenal Panca C (5Cs) dalam Pengajuan Kredit

Untuk menentukan apakah seorang calon debitur layak atau tidak untuk diberikan fasilitas pembiayaan atau kredit, pihak bank atau lembaga pembiayaan memiliki kriteria tersendiri. Kriteria inilah yang dijadikan acuan dalam menilai seseroang ketika mengajukan kredit. Kriteria ini lebih dikenal dengan sebutan 5C’s atau Panca C.

5Cs dalam pengajuan kredit

 

Yang termasuk dalam panca 5 adalah:

panca C pengajuan kredit

panca C pengajuan kredit

  • Character (Karakter). Karakter termasuk hal yang penting dalam penilaian ini. Yang dimaksud adalah watak, sifat dan kebiasaan debitur. Hal ini dianggap sangat penting karena dari sinilah bisa dilihat Anda memiliki itikad baik untuk membayar kredit atau tidak. Informasi ini didapat bank dengan melihat data Anda di SID Bank Indonesia, atau BI checking.
  • Capital (Modal). Semakin banyak aset atau modal yang dimiliki oleh debitur semakin besar kesempatan Anda mendapatkan pinjaman kredit. Modal dan aset misalnya adalah saldo tabungan, deposito, dan aset investasi lainnya.
  • Capacity (Kapasitas). Kapasitas adalah  kemampuan kita untuk mengembalikan pinjaman.  Selalu bayar cicilan kredit tepat waktu.  Perlu diingat, batas jumlah cicilan seluruh hutang kita sebaiknya jangan melebihi 30% penghasilan  perbulannya.
  • Collateral (Jaminan). Jaminan dibutuhkan untuk berjaga-jaga seandainya debitur tidak dapat melunasi cicilan. Biasanya semakin besar nilai jaminan, semakin tinggi poin penilaian bank.  Tapi tentu saja, Anda harus melakukan perhitungan dengan cermat terlebih dahulu, jangan sampai nilai jaminan Anda melebihi 100% nilai kredit Anda. Tentunya akan sangat rugi bila Anda memberikan jaminan berupa rumah seharga Rp400 juta untuk nilai kredit sebesar Rp100 juta saja.
  • Conditions (Kondisi). Beberapa kondisi yang harus dipenuhi okeh debitur diantaranya adalah jumlah pinjaman minimal, tenor maksimal, dan usia debitur. Masing-masing bank atau pihak pemberi kredit memiliki ketetapan dan persayaratan yang berlainan mengenai kondisi ini. (raw)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: