Kenapa Pengajuan Kredit Anda ditolak?

Memang akan sedikit mengesealkan jika Anda mengajukan kredit  ke bank dan kemudian ditolak. Namun sebelum Anda marah dan kesal, lebih baik Anda mengetahui penyebab ditolaknya aplikasi kredit Anda.


Penyebab ditolaknya kredit

Berikut adalah beberapa alasan umum ditolaknya kredit Anda:

alasan kredit ditolak bank

alasan kredit ditolak bank

  • Dokumen kurang lengkap. Pihak bank dapat menolak pengajuan kredit Anda, jika Anda lalai dan dokumen yang Anda sertakan dinilai kurang atau tidak lengkap. Misalnya melengkapi surat izin usaha seperti SIUP bagi Anda yang berprofesi sebagai pengusaha, atau surat izin praktek bagi Anda yang berkerja di bidang profesional seperti dokter, pengacara, dan sebagainya.
  • Riwayat kredit macet. Coba cek riwayat perhutangan Anda, bisa jadi ternyata Anda memiliki tunggakan utang yang belum terbayar atau kredit macet. Riwayat kredit macet Anda ini tercatat dalam list BI-checking yang dapat diakses oleh bank lainnya dan mempengaruhi penilaian bank.
  • Nilai jaminan rendah. Beberapa kredit memerlukan agunan atau jaminan sebagai salah satu persyaratannya. Aset ini bisanya berupa tanah, bangunan, atau kendaraan. Bank bisa menolak aplikasi kredit Anda jika aset yang dijadikan jaminan dinilai rendah oleh bank, misalnya tanah yang belum memiliki sertifikat.
  • Tidak lengkap mengisi formulir. Mungkin terlihat sepele tapi bila formulir pengajuan kredit Anda tidak lengkap, bank bisa menolak pengajuan kredit Anda. Apalagi bila ternyata nomor telepon yang bisa dihubungi tidak Anda isi atau ternyata tidak bisa dihubungi. (raw)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: