Tips Kelola Kredit Renovasi

Kini pemilik rumah dapat memperbaiki rumahnya tanpa takut akan kehabisan biaya ditengah jalan lagi. Dengan adanya dana kredit renovasi dari bank, pemilik rumah bisa mengajukan pinjaman untuk membiayai perbaikan rumahnya . Kredit renovasi ini, bisa didapatkan pemilik rumah baik melalui bank konvensional atau bank syariah. Keduanya memiliki persyaratan yang hampir sama. Perbedaan biasanya terletak pada sistem bunga, pembayaran, dan cicilan.

Mengelola Kredit Renovasi

 

Berikut adalah cara mengelola kredit renovasi agar efektif bagi Anda, diantaranya:

mengelola kredit renovasi

mengelola kredit renovasi

  • Perhitungkan kebutuhan dana renovasi Anda dengan memperhitungkan kemungkinan penambahan biaya di tengah jalan misalnya penambahan bagian rumah yang harus direnovasi atau karena naiknya harga bahan bangunan.
  • Persiapkan dana untuk kelengkapan dokumen dan jasa arsitek atau kontraktor. saat hendak mengajukan kredit renovasi Anda membutuhkan jasa arsitek atau kontraktor untuk membantu menyiapkan dokumen sebagai syarat kredit. Dokumen yang dimaksud adalah dokumen RAB (Rencana Anggaran Biaya) dan IMB.
  • Waktu pencairan dana kredit renovasi ini bervariasi tergantung kebijakan bank tempat Anda mengajukannya. Ada yang dibagi secara bertahap dan ada juga yang langsung 100% . Agar pas dengan pengerjaan renovasi Anda , untuk itu Anda harus cermat dalam mengatur penggunaan dana renovasi ini. Misalnya 25% pertama untuk biaya membongkar atap dan tembok, 50% untuk biaya membeli bahan dan membangun, 25% sisanya untuk finishing.
  • Bila Anda mengajukan kredit ke bank syariah, dana Anda akan dicairkan secara bertahap sesuai dengan perkembangan renovasi Anda. Sehingga Anda jangan sampai lalai  memberikan laporan pengerjaan renovasi Anda kepada bank. Dari laporan inilah nantinya bank akan menilai berapa besar dana yang mesti dicairkan untuk membantu Anda. Bila Anda terlambat melaporkannya, tentu bisa mengganggu seluruh proses renovasi karena dana yang akan Anda terima dari bank juga akan terlambat.
  • Bayarlah cicilan kredit Anda tepat pada waktunya. Bila Anda terlambat membayar maka akan ada denda yang dibebankan pada Anda. Denda ini biasanya dihitung dari jumlah hari keterlambatan dikalikan presentase tertentu dari jumlah angsuran bulanan, tergantung kebijakan bank.

Apakah Anda tertarik mengajukan kredit renovasi ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: