7 Hal Penting Sebelum Mengambil KTA

Kredit Tanpa Agunan atau KTA menjadi pilihan mereka yang ingin memiliki dana tambahan untuk keperluan apapun namun tidak memiliki aset untuk dijadikan jaminan. Proses pengajuan kredit tanpa agunan juga lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan kredit lainnya. Namun sebelum mengajukan KTA sebaiknya Anda memperhatikan hal penting yang bisa membantu Anda menentukan kredit pilihan Anda.

Tips Sebelum Mengajukan KTA

Berikut adalah 7 tips sebelum mengajukan kredit tanpa agunan:

Mengajukan KTA

Mengajukan KTA

  1. Pikirkan dengan benar-benar tujuan Anda mengambil KTA. Apakah masih bisa ditalangi dengan biaya sendiri, atau benar-benar harus dengan biaya tambahan dari KTA ini. Jangan mengambil kredit hanya karena tergiur dengan proses yang mudah dan cepat.
  2. Jangan mengambil dalam jumlah  berlebihan. Ambilah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebaiknya batasi jumlah cicilan hutang Anda hanya sebesar 30% dari seluruh pendapatan selama sebulan. Jika Anda telah memiliki hutang lain, maka jumlah cicilan hutang yang lama dengan hutang yang baru tidak boleh lebih dari 30% ini.
  3. Persiapkan skenario terburuk. Hal ini akan membantu Anda menyiapkan langkah dan strategi yang harus Anda lakukan untuk menyelesaika, seandainya skenario ini benar-benar terjadi.
  4. Bayar sebelum jatuh tempo. Usahakan untuk selalu membayar tagihan KTA paling lambat 1 hari sebelum jatuh tempo. Selain menghindari denda dari bank pemberi kredit hal ini juga penting untuk menjaga riwayat kredit Anda tetap baik. Karena jika Anda pernah memiliki riwayat buruk seperti kredit macet di satu bank, bank yang lainnya bisa mengetahuinya melalui BI-Checking. Sehingga Anda akan sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank yang lainnya.
  5. Pembayaran menggunakan autodebit/giro. Pembayaran dengan metode ini cocok sekali dengan Anda yang memiliki sifat pelupa. Selain akan menghemat waktu Anda, dengan menggunakan autodebit juga akan menghindari Anda dari resiko pembayaran tagihan KTA yang telat dikarenakan sedang ada keperluan penting, berada di luar kota, serta kendala dan kelalaian lainnya.
  6. Perhatikan persyaratan yang diberikan setiap bank. Pilihlah yang memberikan persyaratan fleksibel dan sesuai dengan kondisi persyaratan yang Anda punya. Pilihlah bank dengan memiliki reputasi yang baik.
  7. Bandingkan penawaran setiap paket KTA yang diberikan bank. Setiap bank menawarkan paket kredit yang berbeda-beda. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan dapat menjadi pertimbangan Anda dalam menentukan yang terbaik bagi Anda.

Semoga berguna (raw)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: