Google Art Project, Museum di Layar Komputer Kita

Kapan terakhir kali kalian ke pergi ke museum? Hayoo, mungkin ada yang baru minggu kemarin tapi bisa jadi malah ada yang sudah bertahun-tahun lalu mengunjungi museum. Ya, museum sekarang ini kalah pamor dengan tempat-tempat hiburan atau mall-mall yang semakin menjamur di Jakarta. Padahal di museum kita dapat melihat berbagai kekayaan seni dan budaya negeri kita ini.

Google art project

Google art project

Dengan semangat mendekatkan budaya kepada masyarakat inilah Google membuat sebuah program baru bernama Google Art Project. Program ini menampilkan gambar resolusi tinggi dari 30.000 karya seni yang dapat dilihat secara online kapan saja oleh siapa saja dan dimana saja. Google Art Project sendiri adalah sebuah kerjasama global yang dipelopori dan dipromosikan oleh Google dengan melibatkan 151 institusi kebudayaan yang berasal dari 40 negara salah satunya Indonesia.

Teknologi Google Art Project.

Dalam situs google art project terdapat dua area utama. Area pertama adalah “Museum View” yang menggunakan teknologi street view. Jadi pengunjung dapat menjelajahi galeri dan museum dengan seakan-akan berada di sana dan menelusuri jalan secara virtual.

Area kedua adalah “Microscope View”, dia area ini pengunjung dapat melihat suatu karya seni dengan resolusi tinggi. Gambar ini nanti akan bisa diperbesar hingga detail terkecil. Visual karya seni ini berskala sekitar 7 milyar atau sekitar 1000 kali lebih detail dari resolusi yang dihasilkan oleh kamera digital pada umunya.

Google Art Project Indonesia

Untuk negara Indonesia, Google bekerja sama dengan Museum Nasional. Sekitar 100 karya seni dari ribuan koleksi Museum Nasional dapat kita lihat di situs Google Art Project ini. Jadi sekarang kita bisa melihat koleksi museum tidak hanya dari Indonesia, tapi juga dari sleuruh dunia melalui layar komputer atau laptop kita.

Eits tapi program ini bukan berarti membuat orang jauh dari museum yang sesungguhnya loh. Justru dengan Google Project Art ini diharapkan masyarakat khususnya generasi muda lebih tertarik untuk pergi ke museum dan mengenal lebih dekat budaya negaranya sendiri. Kerja sama google dengan Museum Indonesia juga baru merupakan langkah kecil karena diharapkan selanjutnya karya seni dari sekitar 300 museum di Indonesia juga bisa masuk ke dalam Google Art Project ini.

Kalo bukan kita yang menjaga karya seni dan budaya Indonesia, siapa lagi?

Kalian bisa langsung melihat berbagai karya seni ini dengan mengunjungi situs:

www.googleartproject.com

Atau kalian bisa lihat-lihat tutorialnya di video ini:

Selamat menikmati museum di mana saja…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: