8 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Memiliki Kartu Kredit

Kartu kredit kini bukan lagi sekedar alat untuk mempermudah pembayaran, namun juga telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Sayangnya, beberapa orang masih belum bisa memanage cara penggunaan kartu plastik ini. Sehingga alih-alih membantu malah terjebak dengan hutang. Kita harus ingat bahwa kartu kredit adalah pengganti alat pembayaran yang harus kita lunasi, bukan sekedar ‘dana tambahan’ dari gaji kita.

8 hal  yang harus diketahui sebelum memiliki kartu kredit

Hutang tagihan ini tentunya bisa dihindari asal kita paham benar penggunaan kartu kredit yang baik. Nah, bila kalian berniat untuk mengajukan aplikasi kartu kredit, ada baiknya memperhatikan hal berikut ini agar tidak terjebak dengan hutang nantinya:

kartu kredit

  • Jumlah penghasilan. Biasanya pihak bank menetapkan syarat minimal penghasilan nasabah yang ingin mengajukan kartu kredit sebesar sekitar Rp2 juta per bulan. Jangan sekali-kali berusaha mengakali jumlah gaji kita ini. Karena jika ternyata jumlah tagihan lebih besar dari jumlah gaji, tentunya akan merugikan.
  • Bank atau perusahaan penerbit kartu. Pilih bank yang memberikan penawaran bunga paling rendah serta iuran tahunan atau bulanan yang tidak memberatkan. Selain itu lihatlah fitur-fitur tambahan yang ada pada kartu kredit yang menguntungkan kita.
  • Bayar penuh tagihan. Ingatlah untuk selalu membayar tagihan secara penuh. Meskipun bank memberikan keringanan membayar tagihan minimum 10% setiap bulannya, namun jika kita hanya membayar jumlah minimum akan terkena bunga sekitar 3,5%. Inilah biasanya yang membuat orang terlena dan terjerat hutang.
  • Bayar jauh sebelum jatuh tempo. Hal ini untuk menghindari kemungkinan kita lupa membayar tagihan dikarenakan kesibukan. Bila sampai terlambat maka kita akan dikenai biaya keterlambatan (late charge).
  • Cara pembayaran. Jika ternyata kita terpaksa untuk membayar melalui ATM yang berbeda dengan bank penerbit kartu, perlu diingat akan ada proses kliring yang memakan waktu 2-3 hari sebelum pembayaran tersebut masuk ke bank.
  • Batas maksimal pemakaian. Batasilah pemakaian kartu maksimal 25% dari aset tabungan atau deposito kita.
  • Pengambilan ATM. Sebaiknya hindari melakukan tarik tunai dari ATM. Karena bunganya akan lebih besar dibandingkan dengan bunga belanja. Selain itu kita juga akan dikenai biaya setiap penarikan tunai tersebut.
  • Cukup 2 Kartu. Batasi kepemilikan kartu kredit hanya sebanyak 2 kartu saja. Sehingga akan lebih mudah dalam mengelolanya dan juga terhindar dari godaan menggesek kartu berlebihan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: