Keramas dengan Air Dingin VS Air Hangat

Tidak sedikit orang yang menganggap mencuci rambut atau keramas merupakan bagian dari perawatan rambut yang paling sepele. Padahal, mencuci rambut dengan salah dapat berakibat buruk bagi kesehatan rambut Anda. Mana yang sering Anda lakukan, keramas dengan air hangat atau air dingin. Beberapa orang lebih memilih keramas dengan air hangat, karena terasa lebih bersih, sedangkan menurut yang lainnya, justru itu akan merusak rambut. Jadi mana yang lebih baik?  Berikut adalah beberapa keuntungan dan kekurangan mencuci rambut dengan air hangat atau air dingin.keramas cuci rambut

Keramas dengan air hangat

Keuntungan:

Keramas dengan air hangat sangat bagus bagi Anda yang memiliki kulit rambut sangat berminyak .Air hangat dengan alami dapat membuka pori-pori kulit kepala. Sehingga sangat bagus untuk membersihkan minyak dan kotoran atau sisa-sisa bekas produk rambut dari kulit kepala.

Kekurangan:

Walaupun dapat lebih membersihkan rambut, terlalu sering keramas dengan air panas dapat membuat rambut menjadi keropos, kering dan mudah patah. Karena, selain menghilangkan minyak dari kulit kepala, air hangat juga menghilangkan minyak alami dari rambut Anda atau yang dikenal dengan sebum. Sebum sangat penting bagi rambut karena dapat membuat rambut Anda bersinar dan kuat.

Hilangnya minyak alami pada rambut juga ikut membuat kelembaban alami rambut hilang dan membuat rambut Anda mudah kusut.

Keramas dengan air dingin

Keuntungan:

Dengan air hangat, air dingin dapat menutup pori-pori kulit kepala dan mencegah kotoran.debu masuk dan berkumpul di kulit kepala. Selain itu air dinginjuga menutup kutikula rambut dan menyerap kelembaban dari kondisioner yang digunakan pada rambut Anda sehingga dapat menjaga kelembaban dan sebum pada rambut. Sehingga akan membuatnya semakin halus serta bersinar dan tidak mudah kusut.

Kekurangan:

Jika Anda memiliki rambut yang tipis, atau tinggal dan sering beraktifitas di daerah yang kering, mencuci rambut dengan air dingin akan membuat rambut Anda lepek dan tidak mengembang.

Lalu bagaimana solusinya?

Air hangat dan air dingin memiliki kekurangan dan keuntungannya masing-masing. Maka, kita dapat  mengambil keuntungan dari metode tersebut. Caranya mudah, gunakan kedua-duanya.

Pertama cuci dan bersihkan rambut Anda menggunakan sampo dan kondisioner dengan menggunakan air hangat. Air hangat, bukan air panas. Setelah itu,  bersihkanlah sampo/kondisoner dari rambut Anda dengan menggunakan air dingin.

Dengan begitu kulit kepala Anda bersh dari minyak dan kotoran berlebih namun tetap lembut, bersinar, dan terjaga kelembabannya. (raw)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: